Rabu, 08 Mei 2013

Makalah Iman Kepada Hari Akhir



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ......................................................................................................... i

DAFTAR ISI ....................................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN .................................................................................................. 1

A. Latar Belakang .................................................................................................... 1

B. Rumusan Masalah ............................................................................................... 1

C. Tujun ................................................................................................................... 1

BAB II PEMBAHASAN.................................................................................................... 2

A. Pengertian Iman Kepada Hari Akhir .................................................................. 2

B. Tanda – Tanda Terjadinya Hari Kiamat ............................................................. 3

C. Peristiwa Yang Terjadi Setelah Hari Akhir ........................................................ 3

D. Fungsi Iman Kepada Hari Akhir ........................................................................ 4

E. Hikmah Iman Kepada Hari Akhir ...................................................................... 5

BAB III PENUTUP ............................................................................................................ 6

A. Kesimpulan ......................................................................................................... 6

B. Saran ................................................................................................................... 6

DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................................... 7





KATA PENGANTAR


Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada tim penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul: “ IMAN KEPADA HARI AKHIR”

Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.

Tim penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, tim penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, tim penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini.

Akhirnya tim penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Polewali, 5 Mei 2013





Penulis







BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Setelah kita mempelajari tentang iman kepada hari akhir, kita akan mengerti tentang perlunya beriman pada hari akhir. Pada hakekatnya beriman pada hari akhir adalah menyakini dengan sepenuh hati bahwa hari akhir pasti terjadi atas kehendak Allah SWT dan tidak ada yang tahu akan kapan kejadian itu terjadi.

Hari akhir termasuk rukun iman yang ke-5, setiap orang muslim berkewajiban dan meyakini bahhwa Qiamat itu pasti datang, hanya waktunya kita tidak mengetahuinya, maka kita harus bersiap-siap mencari bekal.

B. Rumusan Masalah

1. Apa pengertian Iman kepada hari akhir ?

2. Apa tanda – tanda terjadinya hari kiamat ?

3. Peristiwa apa yang terjadi setelah hari kiamat ?

4. Apa fungsi Iman kepada hari akhir?

5. Apa hikmah Iman kepada hari akhir ?

C. Tujuan Penulisan Makalah

1. Untuk memenuhi tugas mata kuliah agama dan untuk

2. Menambah wawasan keagamaan khusunya tentang iman kepada hari akhir.



BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Iman kepada Hari Akhir

Hari akhir atau hari kiamat adalah suatu peristiwa luar biasa yang pasti akan terjadi dimana seluruh makhluk, termasuk manusia yang pernah hidup di muka bumi akan dimatikan, kemudian hidup dan dibangkitkan kembali untuk mendapatkan perhitungan dan pembalasan atas segala amal yang pernah dilakukannya selama hidup di dunia. Ada dua macam kiamat, yaitu sebagai berikut :

1. Kiamat Sugra ( kiamat kecil )

Yaitu kehancuran, kematian, atau berakhirnya kehidupan setiap makhluk yang bernyawa. Firman Allah SWT dalam surat Ar-Rahman ayat 26-27 :

Artinya : “Semua yang ada di bumi akan binasa. Dan tetap kekal Zat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.”

2. Kiamat Kubra ( kiamat besar )

Yaitu peristiwa besar atau hancur binasanya alam semesta beserta isinya ( makhluk ) sebagai awal dimulainya kehidupan akhirat. Kiamat pasti terjadi, tetapi tidak seorang pun mengetahui waktu terjadinya kiamat, termasuk para nabi dan rasul-Nya karena kiamat itu didatangkan secara tiba-tiba dan hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Firman Allah SWT dalam surat Al-A’raf ayat 187 :

Artinya : “Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat,”Bilakah terjadinya?” Katakanlah,”Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada sisi Tuhanku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat ( bagi makhluk ) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu, melainkan dengan tiba-tiba.





B. Tanda - Tanda Terjadinya Kiamat

1. Terbitnya matahari dari arah barat dan terbenam dari arah timur. Hal ini terjadi karena perubahan besar dalam susunan alam semesta.

2. Keluarnya suatu binatang yang sangat aneh. Binatang ini dapat bercakap-cakap kepada semua orang dan menunjukkan kepada manusia bahwa kiamat sudah sangat dekat.

3. Datangnya Al-Mahdi. Beliau termasuk keturunan dari Rasulullah SAW. Oleh karena itu, beliau serupa benar akhlak dan budi pekertinya dengan Rasulullah SAW.

4. Munculnya Dajal. Dajal adalah seorang yang muncul sebagai tanda semakin dekat datangnya kiamat. Dajal bermata buta sebelah dan mengaku sebagai “Tuhan”.

5. Hilang dan lenyapnya Al-Qur’an dan mushaf, hafalan dalam hati. Bahkan lenyap pulalah yang ada di dalam hati seseorang.

6. Berkumpulnya manusia, seperti selamatan kelahiran, khitanan, perkawinan, ulang tahun, dll. Akan tetapi tidak pernah sedikit pun dijalankan perintah-perintah-Nya serta dijauhi larangan-Nya.

7. Turunnya Nabi Isa as. Beliau akan turun ke bumi ini di tengah-tengah merajalela pengaruh Dajal.

C. Peristiwa Yang Terjadi Setelah Hari Akhir

1. Alam barzah, yaitu batas antara alam dunia dengan alam akherat dan dapat disebut dengan alam kubur

2. Yaumul ba’ats, yaitu dibangkitkannya manusia dari alam kubur, setelah malaikat Isrofil meniupkan sangkakala yang kedua

3. Yaumul mahsyar, yaitu tempat manusia berkumpul setelah bangkit dari alam kubur untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatanya

4. Yaumul hisab, yaitu dihitungnya amal manusia tentang kebaikan dan keburukannya

5. Yaumul mizan, yaitu hari penimbangan amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia selama hidupnya

6. Shirat yaitu jembatan yang melintas diatas neraka menuju surga.

7. Surga dan neraka

a. Surga (jannah) adalah tempat yang nikmat atau menyenangkan yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa atau beramal saleh.

b. Neraka merupakan suatu tempat pembalasan paling berat bagi orang yang ingkar, durhaka, dan suka berbuat maksiat kepada Allah dan melanggar aturan-Nya. Mereka akan kekal di dalamnya dengan penuh kesengsaraan dan azab yang dasyat.

D. Fungsi Iman Kepada Hari Akhir

1. Menjadikan sesorang lebih meyakini adanya kehidupan berikutnya (kebangkitan).

2. Meyakini bagian-bagian dari peristiwa hari akhir, seperti adanya hisab (perhitungan), mizan (tibangan amal), surga dan neraka sebagai konsekuensi sebagai manusia untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan-perbuatanyya selama hidup di dunia.

3. Memberi dorongan untuk bersikap disiplin, taat, dan patuh menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya serta takut terhadap azab Allah.

4. Mendorong untuk selalu berbuat baik (beramal saleh) karena semua amal perbuatan manusia selama hidup di dunia akan nemdapatkan balasan.

5. Iman kepada hari akhir akan memiliki nilai positif bagi hidup dan kehidupan manusia di duinia melalui kesadarannya untuk beperilaku sebagai berikut:

a. Selalu bertindak hati-hati dengan mendasarkan kesadaran yang tinggi dan iman yang baik sesuai dengan ajaran Islam.

b. Selalu berdisiplin dan mematuhi ajaran agama Allah, karena mengrtahui segala prerbuatan akan selalu dipantau , dicatat, dan diperhitungkan pada pengadilan akhirat kelak.

c. Memiliki pandangan hidup optimis dan raja atau penuh pengharapan bahhwa kelak Allah pasti akan memberi balasan yang setimpal atas perbuatan manusia sesuai dengan janji-Nya.

d. Memiliki dorongan untuk merasakan kenikmatan dan merasakan siksaan. Adanya gambaran surga dan neraka akan membuatnya selalu ingin melaksanakan kebaikan dan tidak melaksanakan dosa dan kemaksiatan.[i]

e. Menyadarkan manusia dari sifat lupa diri terhadap kesenangan dunia dan berusaha menyelaraskan kebutuhan dunuaiwi dan ukhrawi.

f. Menghilangkan sifat egois dan berusaha memupuk sifat sosial agamis, yakni mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau berbuat demi kemaslahatan teman.

E. Hikmah Iman Kepada Hari Akhir

1. Memperoleh ketentraman dan ketenangan

2. Memperoleh keyakinan bahwa Allah SWT akan membalas segala perbuatan manusia, baik maupun buruk

3. Berperilaku baik

4. Berani dalam membela kebenaran dan rela berkorban

5. Tidak iri terhadap kenikmatan orang lain

6. Terhindar dari sifat tamak, rakus dan kikir





BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Dari pembahasan di atas, penulis dapat berkesimpulan bahwa :

1. Begitu besar kekuasaan Allah SWT yang telah merencanakan gelombang kehidupan ini

2. Dengan beriman kepada Hari Akhir kita akan mendapat berbagai kebaikan

B. SARAN

1. Hanya satu saran yaitu kita harus selalu ingat (beriman) kepada Allah karena kita tidak akan tahu kapan akan terjadi kiamat, entah itu kiamat sugra (kematian) ataupun kiamat kubra (kiamat)

2. Demi kesumpurnaan makalah ini, penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat menbangun kearah kebaikan demi kelancara dan kesumpurnaan penulisan ini.





DAFTAR PUSTAKA



http://gusri.heck.in/makalah-iman-kepada-hari-akhir-dan-qada.xhtml

logku--inspirasiku.blogspot.com/2012/12/v-behaviorurldefaultvmlo.html

http://www.islamhouse.com/415862/id/id/articles/Iman_Kepada_Hari_Akhir

http://divertisa.blogspot.com/2011/10/makalah-agama-islam-iman-kepada-hari.html

http://kumpulan-kumpulann.blogspot.com/2012/07/makalah-iman-kepada-hari-akhir.html

http://suvisanusi.wordpress.com/2013/02/27/makalah-agama-iman-kepada-hari-akhir-karier/

6 komentar:

  1. ,,,,,::::maha benar alloh dengan segala firman-nya::::,,,,,

    izin copas akhi postingannya

    terima kasih

    BalasHapus
  2. terima kasih xaxa... atas makalahnya..
    ane minta izin copy paste yaa..

    sukron

    BalasHapus
  3. LuckyClub: The best online casino site 【2021】
    【 play 】on Twitter, 【 LUCKYClub】 and facebook for instant withdrawals. Lucky club online casino was luckyclub voted best online casino.

    BalasHapus
  4. Bally's announces $5M expansion of its casino offering
    Bally's, a 바카라사이트주소 division 바카라추천 of the gaming division of 먹튀 and expanded Bally's 바카라신규가입쿠폰 Resort Atlantic City's most successful 배당흐름 resort casino,

    BalasHapus